Sekilas Tentang Peradaban India Kuno

October 31st, 2011

Sebuah peradaban tinggi dengan layout kota yang cukup canggih pernah ada di India. Hal itu diketahui setelah adanya penggalian/eksplorasi oleh bangsa Inggris yang dipelopori oleh Sir John Hubert Marshall pada awal abad ke-20. Peradaban tersebut ditemukan di sekitar lembah 2 sungai besar, yakni sungai Indus (masih ada sampai saat in) dan sungai Sarasvati (yang diperkirakan telah kering pada 1900 sebelum masehi) yang terbagi menjadi 2 kota, yakni kota Mahenjo Daro dan kota Harappa. Diperkirakan di 2 kota tersebut dihuni oleh bangsa Dravida. Kemajuan peradaban di lembah sungai Indus ini terlihat dari penemuan daerah pemukiman, persimpangan jalan, dan adanya sistem saluran air bawah tanah pada wilayah pemerintahan.

Friederich Max Müller, filologi asal Jerman pernah mencetuskan sebuah anggapan bahwa sekitar abad ke-16 SM ada migrasi bangsa Arya dari peradaban sungai Tigris dan Efrat menuju lembah sungai Indus yang menyebabkan bangsa Dravida terpinggirkan. Mereka datang membawa kebudayaan tulis. Hal ini ditandai dari adanya kitab suci Veda.

Namun Colin Renfrew, seorang arkeolog Inggris tak setuju dengan teori Aryan Invasion. Beliau berpendapat bahwa invasi bangsa Arya adalah sesuatu yang salah, sebab tak disebutkan dalam Veda tentang invasi tersebut. Justru dalam bahasa Sansekerta, Arya berarti orang terpelajar atau terhormat. Jadi bukan nama sebuah bangsa. Selain itu, tidak ditemukan hasil peninggalan dari bangsa Arya, sehingga tidak ada bukti tentang invasi bangsa Arya.

Leave a Reply